Kamis, 01 Desember 2011

Kolak Durian Mantap



Durian merupakan salah satu buah-buahan yang terkenal di Kota Medan. Bahkan, buah yang memiliki rasa harum yang tajam ini telah menjadi ikon Kota Medan. Jadi tidak heran, bila orang dari luar kota selalu mencoba.

Karena kesukaan orang terhadap buah ini, berbagai panganan yang menggunakan durian menjadi pilihan para pengusaha untuk mendapatkan pelanggan.

Seperti pancak ke durian, pulut durian dan lainnya. Saat ini, panganan dari durian yang paling digemari di kalangan masyarakat, para mahasiswa yaitu kolak durian. Soalnya kolak durian ini, rasa enak dan membuat dahaga segar.
Dimana panganan yang mencampur antara pisang, pulut, jagung dan durian menjadi panganan yang segar. Bahan antara durian dan jagung yang membedakan kolak durian dengan es kolak lainnya.

Walaupun pada dasarnya bahan utama seperti pulut, pisang, santan dan gula merah tetap sama.
Salah satu kolak durian yang paling diminati masyarakat yaitu kolak durian mantap. Yang sudah memiliki 8 cabang di Kota Medan, sejak mulai beroperasi 3 tahun yang lalu.

Tia, sang pemilik kolak durian mantap mengatakan awalnya ide jualan kolak durian, karena banyak yang suka dengan buah durian. Hanya saja harga buah ini mahal. “Jadi dengan harga yang terjangkau maka kita dapat menikmati rasa durian,” ujarnya.

Sementara itu 8 cabang yang ada di Kota Medan, yaitu 2 di daerah Jalan Dr Mansyur, 1 di Jalan Selayang, 1 di Jalan Sunggal, 2 di Jalan Binjai, dan 2 di Jalan T Amir Hamzah. Kesemua cabang kolak durian tersebut memiliki ciri khas menunjukkan dagangannya selalu menggunakan mobil pick up yang diparkirkan di tepi jalan.

“Awal nya saya jualan di Jalan Dr Mansyur, tepatnya dekat USU, tetapi karena semakin banyak peminatnya, Alhamdulillah usaha ini jadi berkembang,” ujar Tia yang merintis usahanya sejak tahun 2009.

Sementara itu ada 9 jenis minuman yang ditawarkan di kolak durian mantap ini, mulai dari es kolak durian, es teler, es pokat durian, es kolak pisang, es koteng, es jagung durian, es campur, es lengkong dan es jali-jali.
Dalam menu ini, ada beberapa menu es yang tidak perlu menggunakan durian, tetapi bila ada permintaan dari pelanggan, hal tersebut dapat disediakan.

“Tergantung permintaan sih, kalau ada yang minta es koteng pakai durian, ya kita sediakan,” ujar ibu dua anak ini. Dan di warung ini, es kolak durian, es teler dan es pokat durian menjadi menu favorit di kolak durian mantap ini.
Sejak merintis usaha ini, Tia tidak menyadari bahwa panganan ini akan digemari oleh masyarakat, apalagi saat ini banyak sudah yang mulai berdagang kolak dingin ini. Karena itu pelayanan dan kualitas bahan untuk kolak durian tetap dipertahankan. Selain itu, harga untuk es ini juga bervariasi mulai dari Rp7 ribu hingga Rp8 ribu, selain itu, harga juga berbeda untuk tiap pangsa pasar. Tia juga menjelaskan bahwa gula yang digunakan untuk es ini asli. Bukan pemanis buatan, karena ini salah satu usaha oleh kolak durian Mantap untuk mempertahankan pelanggan.

Sejak pukul 12 siang hingga 6.30 sore, kolak durian mantap mulai beroperasi di setiap cabang, dimana pada hari biasa, kolak durian mantap dapat menghabiskan 10 kg pulut, 70 biji durian dan lebih banyak lagi ketika hari libur.
Sedangkan untuk penambah cita rasa, biasanya kolak durian mantap dan es lainnya akan dicampur dengan cendol, pokat, jagung, nata de coco, durian dan agar-agar. So bagi kamu ingin minuman segar dengan rasa durian? Maka kamu dapat menikmati minumana ini yang sesuai dengan kantong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar